24 Desember 2016

Mengenal Anime beserta Jenis-jenisnya

Sebagai artikel pertama yang akan diposting, ada baiknya saya membahas tentang anime terlebih dahulu sebelum memulai artikel lainnya.



Anime (アニメ) adalah singkatan dari animeeshon (アニメーション) yang merupakan sebuah kata serapan dari bahasa Inggris, yaitu animation. Anime bisa diartikan sebagai sebuah animasi yang dibuat di Jepang baik menggunakan gambar tangan maupun teknologi komputer. Gaya penggambaran animasi Jepang juga memiliki khas dibanding animasi dari negara lainnya. Ya, bisa dibilang penggambaran anime dipengaruhi dari style penggambaran manga.

Sebuah anime biasanya diadaptasi dari manga, web novel, light novel, dan visual novel. Namun ada juga anime yang dibuat secara original alias tanpa ada bahan cerita yang sudah dibuat atau dipublikasikan.

Anime juga memiliki banyak jenis produksinya. Berikut adalah jenis-jenis dari anime:

1. TV Series

Anime TV Series adalah anime yang ditayangkan di TV dengan jadwal penayangan yang sudah ditentukan. Dalam anime TV Series biasanya berdurasi 24 menit per-episode. Namun ada juga anime yang berdurasi pendek 10 menit hingga sependek-pendeknya 3 menit. Entah apa yang dirasa menonton anime sependek itu.

Di atas tadi sudah ada pernyataan bahwa anime TV Series ini memiliki jadwal yang sudah ditentukan. Ya, jenis anime ini memiliki jadwal yang ditentukan secara per-musim. Anime TV Series terbagi menjadi 4 musim, yaitu winter, spring, summer, dan fall. Dalam satu tahun, tiap musim terbagi menjadi 3 bulan. Oleh karena itu, anime TV Series hanya memiliki maksimal 13 episode tiap musimnya. Namun, apabila anime tersebut sudah ditentukan akan menayangkan lebih dari 13 episode, maka anime tersebut akan memulai cour kedua dan seterusnya.

2. OVA

OVA adalah singkatan dari Original Video Animation yang merupakan anime yang dipublikasikan langsung dalam berbentuk video tanpa adanya penyiaran di televisi terlebih dahulu. Kadang, OVA juga merupakan cerita tambahan atau lanjutan dari sebuah anime TV Series, namun ada juga yang berasal dari cerita original. OVA biasanya sebanyak-banyaknya memiliki 8 episode dan sedikitnya 1 episode. Namun ada juga OVA yang sampai ratusan episode, yaitu anime Ginga Eiyuu Densetsu yang memiliki jumlah 110 episode.

3. OAD

OAD adalah singkatan dari Original Animation DVD. OAD agak berbeda dengan OVA, jika OVA memiliki penayangan secara publik, maka OAD dipublikasikan dengan cara menjual anime tersebut dalam sebuah kepingan CD.

4. ONA

ONA adalah singkatan dari Original Net Animation, yang berarti anime ini dipublikasikan atau ditayangkan secara streaming di sebuah situs internet.

5. Special

Anime Special adalah episode tambahan dari sebuah anime TV Series. Biasanya anime Special tidak berkaitan dengan alur cerita aslinya.

6. Movie

Anime Movie adalah anime yang hanya memiliki penayangan di bioskop. Anime movie memiliki kualitas penggambaran yang lebih bagus dibanding anime jenis lainnya dan cenderung memakan budget yang cukup banyak untuk memproduksinya. Namun, keuntungan dari anime movie juga cukup tinggi, contohnya anime Kimi no Na wa yang sukses meraup belasan milyar yen. Anime Movie juga dapat ditonton di komputer atau pemutar video lainnya dengan cara membeli atau mengunduh BD-nya. Biasanya perilisan BD paling cepat 6 bulan setelah penayangan perdananya.

1 komentar: