10 Februari 2017

[Anisong Corner] TrySail


Akhir-akhir ini cukup banyak kemunculan grup idol seiyuu yang turut meramaikan bidang industri anime. Idol seiyuu biasanya ditugaskan untuk menyanyikan lagu pembuka atau penutup dari sebuah anime yang biasa disebut anisong. Grup idol seiyuu yang akan dibahas pada artikel ini adalah TrySail, sebuah grup idol seiyuu yang hingga saat ini sering terdengar, baik dari nama maupun lagunya di beberapa anime musiman.

TrySail merupakan sebuah grup idol seiyuu yang dibentuk pada akhir tahun 2014 oleh agensi Music Ray'n. TrySail beranggotakan 3 seiyuu yang juga bekerja dibawah naungan agensi Music Ray'n, yaitu Amamiya Sora, Asakura Momo, dan Natsukawa Shiina.

Berikut adalah major seiyuu roles dari member TrySail:
  • ‌Amamiya Sora: Aqua dari Konosuba dan Kirishima Touka dari Tokyo Ghoul.
  • Asakura Momo: Otosaka Ayumi dari Charlotte dan Setoguchi Hina dari Suki ni Naru Shunkan wo.
  • Natsukawa Shiina: Misaki Akeno dari Haifuri dan Kusakabe Yuki dari Demi-chan wa Kataritai.

Sebelum terbentuknya TrySail, para member grup idol seiyuu tersebut mengikuti Super Seiyuu Audition kedua yang diadakan oleh Music Ray'n pada tahun 2011 yang bertujuan mengadakan debut untuk generasi idol seiyuu selanjutnya yang akan menjadi suksesor Sphere, grup idol seiyuu yang beranggotakan 4 seiyuu yang memenangkan Super Seiyuu Audition edisi pertama. Pada akhirnya, 3 seiyuu bernama Amamiya Sora, Asakura Momo, dan Natsukawa Shiina yang berhasil keluar menjadi pemenang Super Seiyuu Audition kedua. Setelah itu, mereka memiliki program radio internet bernama "TRYangle Harmony" yang memiliki jadwal penyiaran setiap Selasa malam. Karena penyiaran radionya bisa dibilang cukup sukses, mereka resmi merilis 3 buah fandisk pada Januari 2014.

Tidak hanya sampai di sana, pada bulan Juli di tahun yang sama, mereka bertiga mengadakan sebuah event jumpa fans yang pertama di Nippon Seinenkan. Pada akhir tahun 2014 dan di tempat yang sama juga, mereka mengadakan event jumpa fans yang kedua. Pada event inilah mereka resmi mengumumkan debut mereka di dunia musik Jepang dan juga mengumumkan nama resmi dari grup mereka bertiga, yaitu TrySail. Sama seperti grup idol seiyuu pendahulunya, Sphere, nama TrySail juga diambil dari sebuah objek geometris.

Pada tahun selanjutnya, lagu single pertama TrySail berjudul "Youthful Dreamer" menjadi lagu pertama yang digunakan pada lagu tema anime. Lagu tersebut merupakan lagu opening pertama dari anime Denpa Kyoushi yang memulai penayangannya pada April 2015. Lagu tersebut sukses menempati urutan 12 di tangga lagu mingguan Oricon, dan berhasil melampaui pencapaian dari penjualan single pertama Sphere.


TrySail mengadakan konser perdananya yang bertajuk "Sail Out!!!" pada 23 Mei 2015 di Pacifico Yokohama. Berkat konser yang katanya cukup sukses tersebut, TrySail langsung diundang menjadi tamu di sebuah event anisong terbesar, yaitu Animelo Summer Live 2015 di Saitama Super Arena. TrySail melakukan perform pada hari ketiga Animelo Summer Live 2015 hanya dengan membawakan satu lagu berjudul "Youthful Dreamer"Berkat kesuksesan di konser sebelumnya, TrySail kembali mengadakan konser pada tahun 2016. Konser tersebut kali ini diadakan sebanyak 2 kali, yaitu konser bertajuk "Smooth Sailing" pada tanggal 6 Juni 2016 di Pacifico Yokohama dan "Headwind Sailing" pada tanggal 18 Juni 2016 di Tokyo International Forum Hall.

Setelah event tersebut, nama TrySail mulai terkenal di kalangan para otaku. Dan puncaknya adalah pada saat TrySail memenangkan penghargaan pada nominasi lagu tema anime terbaik tahun 2016 versi majalah Newtype yang dipilih oleh fans melalui polling online. Lagu tersebut berjudul "High Free Spirits" yang menjadi lagu opening dari anime Haifuri (High School Fleet). Lagu tersebut juga berhasil mengalahkan lagu milik Radwimps berjudul "Zen-Zen-Zense" yang menjadi lagu tema dari anime Kimi no Na wa dan lagu milik EGOIST berjudul "KABANERI OF THE IRON FORTRESS" yang menjadi lagu opening anime Koutetsujou no Kabaneri. Ya walaupun ini versi polling online dari majalah Newtype, menurut saya itu pencapaian yang sangat baik karena berhasil mengalahkan 2 lagu yang sangat bagus tersebut.

TrySail resmi merilis album pertamanya yang berjudul "Sail Canvas" pada Mei 2015. Album tersebut memiliki 12 jumlah lagu Pada akhir tahun 2016, TrySail resmi merilis single kolaborasi dengan HoneyWorks yang berjudul "Senpai", lagu yang dijadikan lagu opening tema dari anime movie berjudul Suki ni Naru Sono Shunkan wo.: Kokuhaku Jikkou Inkai. Dan lagi, pada awal Februari 2017, TrySail merilis single terbarunya yang berjudul "Original." dan menjadi lagu opening dari salah satu anime winter 2017, Demi-chan wa Kataritai.


TrySail juga dijadwalkan melakukan tur konser pertama yang bertajuk "The Age of Discovery" di 8 daerah berbeda. Konser pertama dimulai pada tanggal 6 November 2016 di Omiya dan berakhir pada tanggal 26 Februari 2017 di Yokohama.

Dengan lagu-lagunya yang semakin bagus, kini banyak penggemarnya termasuk saya yang berharap agar TrySail tetap konsisten meramaikan dunia anisong yang persaingannya tidaklah mudah. Omong-omong, dari ketiga member TrySail tersebut, siapakah yang paling menarik perhatianmu?



Referensi Artikel: Website TrySail, Generasia

5 komentar:

  1. Asakura Momo Paling Imut Dan Kawai

    BalasHapus
  2. Amamiya Sora dan Asakura momo cuy, mereka kawaii

    BalasHapus
  3. Momo asakura & Sora amamiya kawaii

    BalasHapus
  4. Dari mereka bertiga gua menyadari bahwa yang Kawaii bukan cuma cewe di Anime tapi yang aslinya lebih Kawaii apalagi Momo asakaru, muka + suaranya Kawaii 😆

    BalasHapus