8 Februari 2017

[Seiyuu Corner] Taneda Risa



Tahu Miyazono Kaori? atau mungkin tahu Nakiri Erina? Ya, keduanya merupakan karakter utama dari anime Shigatsu wa Kimi no Uso dan Shokugeki no Souma. Tidak banyak yang sadar bahwa suara kedua karakter tersebut diisi oleh seiyuu yang sama, yaitu Taneda Risa. Nah, pada artikel ini, saya akan membahas tentang seiyuu yang cantik tersebut.

Taneda Risa atau yang biasa disapa Tane-chan merupakan seorang seiyuu wanita kelahiran Tokyo, 12 Juli 1988. Tane-chan awalnya mengenal pekerjaan seiyuu dari sebuah siaran radio favoritnya dan sejak itulah ia mulai tertarik dengan dunia seiyuu. Tane-chan sendiri awalnya berencana untuk menjadi seiyuu sejak remaja, namun ia dilarang untuk bekerja di dunia hiburan selama masa SMA dan kuliah.

Saat memulai debut menjadi seiyuu, Tane-chan bukan berperan sebagai support ataupun main character, melainkan menjadi narator dalam sebuah anime movie pendek, Sakura no Ondo pada tahun 2011. Sebagai seiyuu, saat ini Tane-chan bekerja dibawah naungan agensi Office Osawa, sebuah agensi dimana Hanazawa Kana, Iguchi Yuka, dan Noto Mamiko ditempatkan.

Pada tahun 2012, Tane-chan mendapatkan peran menjadi karakter utama dalam anime Shinsekai Yori sebagai Watanabe Saki, sebuah peran yang menurutnya paling berkesan dalam karirnya. Sebelum memerankan karakter tersebut, nama Tane-chan bisa dibilang belum dikenal oleh otaku di sana. Tapi setelah memerankannya, Tane-chan mulai terkenal dan tak tanggung-tanggung, di tahun berikutnya dia kebanjiran job menjadi karakter utama di anime Kyoukai no Kanata, High School DxD New, Kin-iro Mosaic, Yuyushiki, dan Strike the Blood.



Bila mengkaitkan Tane-chan dengan Kyoukai no Kanata dan Strike the Blood, pasti teringat "Fuyukai desu!"-nya Kuriyama Mirai dan "Iie Senpai"-nya Himeragi Yukina. Jujur, itu annoying, tapi entah kenapa saya tetap suka. Hingga tahun 2016, Tane-chan sangat banyak mendapatkan tawaran menjadi seiyuu untuk memerankan karakter utama. Mulai dari memerankan Tedeza Rize di Gochiusa, Miyazono Kaori di Shigatsu wa Kimi no Uso, Rory Mercury di GATE, hingga Nakiri Erina di Shokugeki no Souma. Kepribadian dari para karakter yang disebut di atas bisa dibilang berbeda-beda, namun Tane-chan bisa melakukannya dengan baik.

Selain menjadi seiyuu, Tane-chan juga berkarir menjadi penyanyi anisong. Sudah cukup banyak anisong yang ia nyanyikan selama karirnya menjadi seiyuu. Tane-chan juga memiliki beberapa unit seiyuu, yaitu Rhodante* dari anime Kiniro Mosaic dan Petit Rabbit's dari anime Gochiusa.

Jauh sebelum mengenal tentang seiyuu, Tane-chan merupakan seseorang yang mempunyai bakat dalam menggambar dan bahkan sudah mempunyai sertifikat mengajar seni untuk SMP dan SMA. Andai saja Tane-chan tidak menjadi seiyuu, mungkin dia sekarang bekerja menjadi pengajar seni.


Taneda Risa dan Yamaoka Yuri saat di London, Inggris.
Di luar pekerjaannya menjadi seiyuu, Tane-chan adalah seorang yang berkepribadian kalem dan suka menghabiskan waktunya di rumah saat akhir pekan. Terkadang, ia juga berpergian dengan temannya yang juga seorang seiyuu, yaitu Yamaoka Yuri. Bahkan mereka berdua juga pernah pergi ke London bersama-sama.

Walaupun kini umurnya sudah ingin menginjak usia 29 tahun, masih belum ada rumor yang menyatakan bahwa Tane-chan memiliki seorang kekasih. Ada sebuah pernyataan dari kutipan interview bahwa fetish-nya Tane-chan adalah cowok gentle berkacamata. Yang pasti bukan yang kayak saya maupun pembaca artikel ini ya.

Pada September 2016, secara mendadak Tane-chan memutuskan untuk mengambil masa hiatus dari pekerjaan seiyuu karena harus melakukan penanganan medis. Hingga saat ini masih belum diketahui jenis penyakitnya, tapi ada kabar bahwa Tane-chan sering mendapatkan penanganan medis karena penyakit yang sama saat aktif menjadi seiyuu. Semoga saja penyakitnya tidak parah dan segera lekas sembuh supaya bisa kembali melanjutkan pekerjaannya menjadi seiyuu yang sudah lama tidak terdengar di anime musiman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar